Jumat, 18 Februari 2011

Tokoh-Tokoh Ilmuan Islam

Nama Albert Einstein, Stephen Hawkings, atau Bill Gates mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar di telinga. Tapi sudah pernah dengarkah nama Umar Khayam, Ibnu Sina atau Ibnu Yunus?
Ya, merekalah tokoh-tokoh ilmuwan Islam pada zaman dahulu, jauh sebelum Pascal atau Galileo menemukan temuan atau teorinya yang tak asing lagi dan dipelajari di bangku sekolah sekarang ini.
Berikut sebagian nama-nama tokoh ilmuwan Islam
  • Ibnu Sina (atau Aviciena) adalah tokoh kedokteran, yang dijadikan guru para dokter sedunia atau di Eropa dikenal sebagai Medicorum Principal (atau Rajanya para Dokter). Buku kedokterannya yang berjudul Al Qanuun Fith-Thib (The Cannon) dijadikan pedoman hampir semua dokter di dunia. 
  • Ibnu Yunus adalah tokoh yang ahli di bidang ilmu Fisika dan Astronomi. Ibnu Yunus-lah yang pertama kali menggunakan bandul untuk mengukur waktu ketika meneropong benda angkasa. Enam abad kemudian, Galileo Galilei melakukan metode Ibnu Yunus ini. Peninggalan sisa observatoriumnya dapat ditemukan di bukit Muqottom.. 
  • Al-Khazini adalah tokoh pertama yang mencetuskan teori gravitasi (gaya tarik bumi) jauh sebelum Isaac Newton menemukannya. Al-Khazini juga mengungkapkan keadaan air di dalam perut bumi, yang kemudian diulas kembali oleh Roger Bacon.
  • Para Ilmuwan muslim sudah mempelajari dunia tumbuhan sejak 11 abad yang lalu. Salah satu tokoh ilmuwan tersebut bernama Said al-Asma’i yang hasil pengamatannya tersebut dibukukan dengan judul Kitab An-Nabat wa Syajar (buku tentang tumbuhan dan pepohonan).
  • Pada abad ke-9, Abu Khair berhasil membukukan hasil penelitiannya tentang tata cara bercocok tanam (Al Filaha) pada berbagai jenis tanaman di hutan Al-Jarave, Spanyol. Buku tersebut masih tersimpan dengan baik di perpustakaan Paris, Perancis.
  • Jika Ibnu Sina dikenal sebagai Bapak Kedokteran dunia, maka Jabir bin Hayyan dikenal karena keahliannya meramu bahan-bahan kimia, sehingga pada saat itu, ilmu Kimia disebut dengan “keahlian Jabir”, dan beliau pun mendapat julukan Bapak ilmu Kimia dunia. Jabir bin Hayyan, orang pertama yang mendirikan laboratorium jauh dari tempat tinggal penduduk, agar tidak membahayakan mereka dari bahaya zat kimia. Beberapa hasil temuan Jabir bin Hayyan yang dikenal sekarang adalah: zat anti karat, kertas tahan air, garam, soda api, air raksa, dan tinta yang dapat dibaca di tempat gelap.
  • Al-Khawarizmi adalah ilmuwan muslim yang pertama kali menemukan angka nol. Penemuan Al-Khawarizmi ini kemudian dikenal sebagai sistem operasi biner yang diaplikasikan untuk menciptakan komputer. Beliau juga berhasil mengukur seberapa besar garis tengah dan lingkaran bumi. Al-Khawarizmi membukukan hasil penelitiannya tentang waktu perhitungan berdasarkan bayang-bayang matahari, yang sampai sekarang digunakan untuk menentukan waktu shalat. 
  • Umar Khayam adalah salah satu ilmuwan matematika yang sangat terkenal pada masanya. Beliau yang pertama kali mengemukakan teori segitiga dan membukukan teori tersebut dengan judul Jawami’ Al Hisab. Kemudian teori tersebut diulas kembali oleh Pascal, sehingga kita mengenalnya sebagai teori segitiga Pascal. 
  • Al-Mas’udi adalah tokoh ilmuwan muslim yang ahli dibidang sejarah dan ilmu bumi. Beliau menulis buku mengenai pedoman untuk orang yang ingin mengelilingi dunia, yang berupa kumpulan dokumen berisi peta yang akurat dan dilengkapi dengan cara penggunaan kompas.
  • Ibnu Khaldun adalah salah satu ilmuwan sejarah. Beliau berhasil membukukan Al-I’bar yang berisi tentang sejarah Arab, Yahudi, Yunani, dan Romawi serta tatanan kehidupan masyarakat negara berkembang. Sehingga menjadikannya tokoh perintis ilmu sosial, jauh sebelum Auguste Compte mengemukakan teori-teorinya.

0 komentar:

Posting Komentar